RSS

Eksotisme Jembatan Cirahong

08 Okt

Hallo masbro semua😀 , kali ini biar ngak bosen ane mau share tempat lokasi yang asik masbro…😀
Oke sebelumnya sudah pada tau jembatan cirahong ngak?nah buat yang belum tau ini ada sinkat cerita sejarahnya😀

Pembangunan jembatan Cirahong terjadi pada tahun 1893.berikut sejarah lengkapnya,,

PEMBANGUNAN jembatan kereta api (KA) Cirahong, yang menghubungkan antara Ciamis dan Tasikmalaya lewat jalur Manonjaya, Kab. Tasikmalaya, tidak terlepas dari peran Bupati Galuh (Ciamis-red.) R-A-A. Kusuma-diningrat.

Sebelumnya,Belanda telah membuat gambar pembangunan jalur rel kereta yang menghubungkan daerah Tasikmalaya ke Banjar/Pangandaran, tanpa melintas ke Kota Ciamis.Berdasarkan gambar yang dibuat Belanda, jalur kereta api dari Tasikmalaya-Manonjaya akan diteruskan ke daerah Cimaragas,atau sebelah selatan Sungai Citanduy. Setelah itu, masuk ke daerah Kota Banjar. Di Banjar, ada jalur menuju ke Pangandaran dan ke daerah Cilacap, Jawa Tengah.

Pertimbangannya, kalau melintas ke Kota Ciamis, berarti harus membangun dua jembatan di atas Citanduy. Tentunya, biaya
pembangunan jembatan di atas sungai tersebut, sangat besar atau mahal.Belanda membangun jalur rel tersebut, tidak hanya untuk angkutan massal. Akan tetapi, rel itu juga digunakan untuk membawa hasil bumi dari Priangan, seperti kapas, kopi, kapol,dan lainnya ke Jakarta. Apalagi waktu itu, banyak perkebunan baru didaerah Galuh, seperti perkebunan Lemah Neundeut, Bangkelung,dan lain-lain. Angkutan kereta tersebut diharapkan akan mempermudah jalur angkutan barang maupun mobilisasi orang Belanda.

Informasi tentang rencana pembangunan jalur rel kereta tersebut akhirnya sampai ke telinga Kusumadiningrat atau Kangjeng Prebu.Waktu itu, yang bersangkutan sudah pensiun dari jabatannya sebagai Bupati Galuh.Kangjeng Prebu, yang dinilai oleh para sejarawan sebagai Bupati Galuh terkemuka, akhirnya berusaha melakukan lobi kepada Belanda. Dia meminta agar jalur rel kereta melintas ke Kota Ciamis.
Caranya, dari Tasikmalaya ke Manonjaya, lalu menyeberang Sungai Citanduy untuk masuk melintas ke Kota Ciamis.

Ada beberapa pertimbangan yang disampaikan Kangjeng Prebu,kenapa sebaiknya jalur kereta melintas ke Kota Ciamis. Pertama,jumlah penduduk di Kota Ciamis sudah besar dan padat,sementara daerah Cimaragas sangat sedikit. Dengan demikian,keberadaan kereta itu akan semakin bermanfaat.Selain itu, pertimbangan lainnya ialah untuk memperkuat eksistensi Ciamis sebagai Ibu Kota Galuh. Setelah lobi panjang,akhirnya Belanda menyetujui usulan Kangjeng Prebu. Hal itu mem-buktikanbahwa dia memang masih punya pengaruh besar,
sekalipun sudah pensiun.
Belanda akhirnya membangun dua jembatan di atas Sungai Citanduy. Pertama, jembatan Cirahong, dan kedua
Karangpucung di dekat Kota Banjar.Biayanya pun cukup mahal.Tetapi Belanda merealisasikannya karena dorongan Kangjeng Prebu.Sosok Kangjeng Prebu pada masanya dikenal mampu memakmurkan daerah Galuh. Karyanya hingga sekarang masih terpelihara. Selain Cirahong, terdapat pula beberapa saluran irigasi untuk pengairan sawah teknis, misalnya saluran irigasi Gandawangi. Dia membangun saluran air Cikatomas,Wangundiredja, Tanjungmangu yang sekarang berubah namanya menjadi Nagawiru.

Kangjeng Prebu pada masa pemerintahannya, mencoba membangun atau mencetak sawah baru, perkebunan kelapa di daerah Ciamis selatan. Waktu itu, setiap calon mempelai yang akan menikah diwajibkan membawa dua buah kitri (bibit kelapa) untuk ditanam di halaman rumahnya. Kebijakan tersebut akhirnya
telah menjadikan Kabupaten Galuh sebagai sentra kelapa. Bahkan hingga sekarang, Galuh yang berganti nama menjadi Ciamis merupakan gudang kelapa, sentra gula kelapa, dan pemasok sapu lidi ke berbagai daerah.

Hingga sekarang, Makam Kangjeng Prebu masih terus dipelihara.Bahkan, setiap ulang tahun Ciamis, para pejabat berziarah ke makam tersebut.
Dan Jembatan sampai saat ini masih tegap berdiri,.

Nah ane pertama kali tau tempat ini dari ayah ane,yah waktu itu mungkin ane baru kelas 3 sd,wkwkwkk:mrgreen: , dan klo mau dihitung udah ngak kehitung berapa kali ane kesana masbro😀
Nah menurut ane jembatan cirahong ini jembatan yang paling eksotis masbro,jembatan yang terbentang sepanjang +- 220m ini mempunyai mode 2 in 1 artinya jembatan ini tidak hanya dilalui oleh kereta api saja,tetapi motor dan mobil pun bisa bro🙂
Jembatan ini di jaga setidaknya 2 orang masbro,agar lalu lintas di dalam jembatan lancar,dan inget ya bro ngasih aja 500 buat yang jaga,itung-itung berbagi🙂
Nah ketika kita pertama kali masuk,seperti masuk ke lorong waktu😀 coba bayangin deh bro
Selain itu pemandangan dari atas jembatan ini juga cukup indah masbro
Nah sekarang ini di sekitar jembatan cirahong sudah mulai banyak rumah makan,warung-warung bahkan restoran bro, 
yah tidak heran sih karena setiap hari banyak yang melewati jembatan ini yang memang jalurnya
 kebetulan kesini atau ada pula yang sengaja ingin sekedar melihat atau berfoto di sekitar jembatan ini
view dari resto
dan tak lupa mejeng boleh dong
Berikut gallerynya masbro

Find me on facebook

aiiefz.wordpress.com

 
53 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 8, 2011 in Railfans, touring

 

Tag: , ,

53 responses to “Eksotisme Jembatan Cirahong

  1. Lowongan Kerja

    Oktober 8, 2011 at 04:27

    nice pics

     
  2. Maskur

    Oktober 8, 2011 at 05:24

    Sebelah mana nih…

     
    • aiefz

      Oktober 9, 2011 at 12:29

      klo dari tasik pas masuk gapura ciamis belok kanan ke arah taman pahlawan,tinggal ikuti petunjuk jalan

       
  3. Pak Bambang Nunggang Byson

    Oktober 8, 2011 at 05:37

    apik apik apik

     
  4. elsabarto

    Oktober 8, 2011 at 09:19

    keren banget..

     
  5. kalimalang rider

    Oktober 9, 2011 at 02:11

    wooow…eksotis tenan mas bro..

     
    • aiefz

      Oktober 9, 2011 at 12:33

      mampir dong😀

       
  6. kalimalang rider

    Oktober 9, 2011 at 02:12

    wow, eksotis tenan mas bro

     
  7. 3055nada

    Oktober 9, 2011 at 13:44

    Disinyalir itu buatan anak bangsa indonesia,bukan buatan belanda…..
    orang Belanda hanya jadi insinyurnya aja

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:26

      betul😀

       
  8. Ay

    Oktober 9, 2011 at 16:19

    Asli mantab bangets!
    Kl yg keliatan di tol cipularang, jembatan yg mana ya? Kyknya mirip😀

     
  9. sabbath

    Oktober 9, 2011 at 21:41

    ciamis emang geulis euy

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:25

      aseeek😀

       
  10. warung DOHC

    Oktober 10, 2011 at 00:02

    K.E.R.E.N B.G.T !

    disinyalir bakal bau peziinngg kalo pas lewat keretanya lagi kencing :mrgreen:

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:26

      ayo mampir kesana nyokkk 😀

       
  11. buitenzorgboy

    Oktober 10, 2011 at 11:48

    abdi teh orang bogor tapi nuju sma sakola di ciamis kirang langkung taun 2000an… janten emut kapungkur upami nuju sasih shaum sok ngabuburit ka cirahong sareng si iteung.

     
  12. B M W ♣

    Oktober 10, 2011 at 22:51

    Cakep

     
  13. moko

    Oktober 11, 2011 at 00:36

    cantiknya…😀

     
  14. ucok

    Oktober 11, 2011 at 18:54

    keren a

     
  15. Tjile

    Oktober 12, 2011 at 15:06

    nice pic..bro

     
  16. at0zz

    Oktober 16, 2011 at 01:44

    jemabtan ini serem bgt kalo mlm,,
    pernah ikut kegiatan pramuka disini, pas perjalanan mlm,,,wwiiii,,,,,,,,,,,,,,,,

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:30

      angkerrrr,pernah massuk dunia lain klo ngak salah CMIIW😀

       
  17. si oom

    Oktober 19, 2011 at 08:47

    ngepas buat 1 mobil ;shock:

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:30

      yups,kec truk

       
  18. kurher

    Oktober 25, 2011 at 15:56

    wah-wah jadi inget kampung halaman ane nih bro.. disitu juga dikenal dengan kemistisannya, apa betul begitu bro?

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:32

      ia katanya begitu😀

       
  19. gogo

    Oktober 26, 2011 at 20:23

    wah emang keren banget neh, konstruksi bajanya kek jembatan brooklyn.. kapan ya bisa hunting foto disitu ,eksotis neh..

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:32

      sempetin deh bro,kagak bakal nyesel😀

       
  20. ardiantoyugo

    November 3, 2011 at 07:42

    keren…:mrgreen:

     
  21. arangga

    November 3, 2011 at 15:42

    Eleuh eleeuh meuni eksotis pisaan..
    uda brp kali ke pangandaran, malah blm pernah liat jembatan ini.. mirip2 jembatan kereta yg di cikalong yah, klo dr tol cipularang keliatan..

     
    • aiefz

      November 15, 2011 at 20:33

      cumi bro😀

       
  22. agoey

    November 17, 2011 at 10:10

     
    • aiefz

      Desember 23, 2011 at 17:23

      serem😀

       
  23. irfan

    November 21, 2011 at 09:26

    gan ada daftar jalan dan jembatan gag neh…soalnya ane lg ngumpulin data2 jalan and jembatan yang ada di kabupaten cilacap.buat bahan TMN dan skripsi ane neh.tlng di bantu agan2.trimksh. kl udh ada kirim aja ke email saya ya gan.

     
    • aiefz

      Desember 23, 2011 at 17:29

      ngak punya bro

       
  24. gesang listofan (@gesang86)

    November 22, 2011 at 10:28

    wach,mantab nice euy….Konstruksinya jembatan dibalik…..hemsss, sayangnya papan kay bawahnya…,bukaanya harus’e Baja Plat??

     
    • aiefz

      Desember 23, 2011 at 17:32

      ia sih,sekarang saja sudah mulai rapuh kayunya

       
  25. uungferi

    Desember 5, 2011 at 19:49

    mantabhhh tuhhhh

     
    • aiefz

      Desember 23, 2011 at 17:38

      😀 ….

       
  26. andryberlianto

    Desember 22, 2011 at 09:37

    patut disambangi nih hehehe ………….

     
    • aiefz

      Desember 23, 2011 at 17:41

      sipp masbro😀

       
  27. vixy182

    Desember 25, 2011 at 16:37

    keren jembatan nya..bisa kreta api juga

     
  28. gl 100

    Januari 11, 2012 at 21:43

    kapan2……………. main kesana………….

     
  29. ubrium

    Januari 17, 2012 at 10:14

    perawatannya rutinkah?
    jangan sampai ada jembatan runtuh lagi deh…

     
    • maungsancang

      Februari 2, 2012 at 13:44

      Perawatan/perbaikannya cukup rutin dan jembatan ini dijaga siang malam oleh penduduk sekitar untuk membantu kendaraan yang melintas.
      Ketika saya masih tinggal di Manonjaya, saya sering melalui jembatan ini sebagai jalan pintas menuju Ciamis.

       
  30. aru_kun

    Februari 10, 2012 at 14:27

    wow, KEREN🙂

     
  31. touringrider

    Maret 24, 2012 at 00:26

    lokasinya bagus..

     
  32. renno2006

    Mei 27, 2012 at 08:01

    ane tiap hari bolak balik kesana😀

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: