
Pembangunan jembatan Cirahong terjadi pada tahun 1893.berikut sejarah lengkapnya,,
PEMBANGUNAN jembatan kereta api (KA) Cirahong, yang menghubungkan antara Ciamis dan Tasikmalaya lewat jalur Manonjaya, Kab. Tasikmalaya, tidak terlepas dari peran Bupati Galuh (Ciamis-red.) R-A-A. Kusuma-diningrat.
Sebelumnya,Belanda telah membuat gambar pembangunan jalur rel kereta yang menghubungkan daerah Tasikmalaya ke Banjar/Pangandaran, tanpa melintas ke Kota Ciamis.Berdasarkan gambar yang dibuat Belanda, jalur kereta api dari Tasikmalaya-Manonjaya akan diteruskan ke daerah Cimaragas,atau sebelah selatan Sungai Citanduy. Setelah itu, masuk ke daerah Kota Banjar. Di Banjar, ada jalur menuju ke Pangandaran dan ke daerah Cilacap, Jawa Tengah.
Pertimbangannya, kalau melintas ke Kota Ciamis, berarti harus membangun dua jembatan di atas Citanduy. Tentunya, biaya
pembangunan jembatan di atas sungai tersebut, sangat besar atau mahal.Belanda membangun jalur rel tersebut, tidak hanya untuk angkutan massal. Akan tetapi, rel itu juga digunakan untuk membawa hasil bumi dari Priangan, seperti kapas, kopi, kapol,dan lainnya ke Jakarta. Apalagi waktu itu, banyak perkebunan baru didaerah Galuh, seperti perkebunan Lemah Neundeut, Bangkelung,dan lain-lain. Angkutan kereta tersebut diharapkan akan mempermudah jalur angkutan barang maupun mobilisasi orang Belanda.
Informasi tentang rencana pembangunan jalur rel kereta tersebut akhirnya sampai ke telinga Kusumadiningrat atau Kangjeng Prebu.Waktu itu, yang bersangkutan sudah pensiun dari jabatannya sebagai Bupati Galuh.Kangjeng Prebu, yang dinilai oleh para sejarawan sebagai Bupati Galuh terkemuka, akhirnya berusaha melakukan lobi kepada Belanda. Dia meminta agar jalur rel kereta melintas ke Kota Ciamis.
Caranya, dari Tasikmalaya ke Manonjaya, lalu menyeberang Sungai Citanduy untuk masuk melintas ke Kota Ciamis.Ada beberapa pertimbangan yang disampaikan Kangjeng Prebu,kenapa sebaiknya jalur kereta melintas ke Kota Ciamis. Pertama,jumlah penduduk di Kota Ciamis sudah besar dan padat,sementara daerah Cimaragas sangat sedikit. Dengan demikian,keberadaan kereta itu akan semakin bermanfaat.Selain itu, pertimbangan lainnya ialah untuk memperkuat eksistensi Ciamis sebagai Ibu Kota Galuh. Setelah lobi panjang,akhirnya Belanda menyetujui usulan Kangjeng Prebu. Hal itu mem-buktikanbahwa dia memang masih punya pengaruh besar,
sekalipun sudah pensiun.
Belanda akhirnya membangun dua jembatan di atas Sungai Citanduy. Pertama, jembatan Cirahong, dan kedua
Karangpucung di dekat Kota Banjar.Biayanya pun cukup mahal.Tetapi Belanda merealisasikannya karena dorongan Kangjeng Prebu.Sosok Kangjeng Prebu pada masanya dikenal mampu memakmurkan daerah Galuh. Karyanya hingga sekarang masih terpelihara. Selain Cirahong, terdapat pula beberapa saluran irigasi untuk pengairan sawah teknis, misalnya saluran irigasi Gandawangi. Dia membangun saluran air Cikatomas,Wangundiredja, Tanjungmangu yang sekarang berubah namanya menjadi Nagawiru.Kangjeng Prebu pada masa pemerintahannya, mencoba membangun atau mencetak sawah baru, perkebunan kelapa di daerah Ciamis selatan. Waktu itu, setiap calon mempelai yang akan menikah diwajibkan membawa dua buah kitri (bibit kelapa) untuk ditanam di halaman rumahnya. Kebijakan tersebut akhirnya
telah menjadikan Kabupaten Galuh sebagai sentra kelapa. Bahkan hingga sekarang, Galuh yang berganti nama menjadi Ciamis merupakan gudang kelapa, sentra gula kelapa, dan pemasok sapu lidi ke berbagai daerah.Hingga sekarang, Makam Kangjeng Prebu masih terus dipelihara.Bahkan, setiap ulang tahun Ciamis, para pejabat berziarah ke makam tersebut.
Dan Jembatan sampai saat ini masih tegap berdiri,.














Find me on facebook
Lowongan Kerja
Oktober 8, 2011 at 04:27
nice pics
aiefz
Oktober 9, 2011 at 12:27
thx 😀
Maskur
Oktober 8, 2011 at 05:24
Sebelah mana nih…
aiefz
Oktober 9, 2011 at 12:29
klo dari tasik pas masuk gapura ciamis belok kanan ke arah taman pahlawan,tinggal ikuti petunjuk jalan
Pak Bambang Nunggang Byson
Oktober 8, 2011 at 05:37
apik apik apik
aiefz
Oktober 9, 2011 at 12:33
sip sip
elsabarto
Oktober 8, 2011 at 09:19
keren banget..
aiefz
Oktober 9, 2011 at 12:33
😀
kalimalang rider
Oktober 9, 2011 at 02:11
wooow…eksotis tenan mas bro..
aiefz
Oktober 9, 2011 at 12:33
mampir dong 😀
kalimalang rider
Oktober 9, 2011 at 02:12
wow, eksotis tenan mas bro
3055nada
Oktober 9, 2011 at 13:44
Disinyalir itu buatan anak bangsa indonesia,bukan buatan belanda…..
orang Belanda hanya jadi insinyurnya aja
aiefz
November 15, 2011 at 20:26
betul 😀
Ay
Oktober 9, 2011 at 16:19
Asli mantab bangets!
Kl yg keliatan di tol cipularang, jembatan yg mana ya? Kyknya mirip 😀
sabbath
Oktober 9, 2011 at 21:41
ciamis emang geulis euy
aiefz
November 15, 2011 at 20:25
aseeek 😀
warung DOHC
Oktober 10, 2011 at 00:02
K.E.R.E.N B.G.T !
disinyalir bakal bau peziinngg kalo pas lewat keretanya lagi kencing
aiefz
November 15, 2011 at 20:26
ayo mampir kesana nyokkk 😀
buitenzorgboy
Oktober 10, 2011 at 11:48
abdi teh orang bogor tapi nuju sma sakola di ciamis kirang langkung taun 2000an… janten emut kapungkur upami nuju sasih shaum sok ngabuburit ka cirahong sareng si iteung.
aiefz
November 15, 2011 at 20:28
cieee
B M W ♣
Oktober 10, 2011 at 22:51
Cakep
moko
Oktober 11, 2011 at 00:36
cantiknya… 😀
ucok
Oktober 11, 2011 at 18:54
keren a
Tjile
Oktober 12, 2011 at 15:06
nice pic..bro
adjokasep
Oktober 13, 2011 at 16:48
sorry, curhat dikit
http://mocinrider.wordpress.com/2011/10/13/taat-di-lampu-merah-ditabrak-alay-pacaran-ditantang-berantem-pula-aneh/
gatel juga nih sama komen FBM
http://mocinrider.wordpress.com/2011/10/13/siapa-yang-berani-buktikan-minerva-buat-disain-motor-sendiri/
at0zz
Oktober 16, 2011 at 01:44
jemabtan ini serem bgt kalo mlm,,
pernah ikut kegiatan pramuka disini, pas perjalanan mlm,,,wwiiii,,,,,,,,,,,,,,,,
aiefz
November 15, 2011 at 20:30
angkerrrr,pernah massuk dunia lain klo ngak salah CMIIW 😀
si oom
Oktober 19, 2011 at 08:47
ngepas buat 1 mobil ;shock:
aiefz
November 15, 2011 at 20:30
yups,kec truk
kurher
Oktober 25, 2011 at 15:56
wah-wah jadi inget kampung halaman ane nih bro.. disitu juga dikenal dengan kemistisannya, apa betul begitu bro?
aiefz
November 15, 2011 at 20:32
ia katanya begitu 😀
gogo
Oktober 26, 2011 at 20:23
wah emang keren banget neh, konstruksi bajanya kek jembatan brooklyn.. kapan ya bisa hunting foto disitu ,eksotis neh..
aiefz
November 15, 2011 at 20:32
sempetin deh bro,kagak bakal nyesel 😀
ardiantoyugo
November 3, 2011 at 07:42
keren…
arangga
November 3, 2011 at 15:42
Eleuh eleeuh meuni eksotis pisaan..
uda brp kali ke pangandaran, malah blm pernah liat jembatan ini.. mirip2 jembatan kereta yg di cikalong yah, klo dr tol cipularang keliatan..
aiefz
November 15, 2011 at 20:33
cumi bro 😀
agoey
November 17, 2011 at 10:10
wagh.. gak serem tuh klo liat kebawah??
http://agoey.wordpress.com/2011/11/17/kawasaki-ninja-250-r-dalam-anime/
aiefz
Desember 23, 2011 at 17:23
serem 😀
irfan
November 21, 2011 at 09:26
gan ada daftar jalan dan jembatan gag neh…soalnya ane lg ngumpulin data2 jalan and jembatan yang ada di kabupaten cilacap.buat bahan TMN dan skripsi ane neh.tlng di bantu agan2.trimksh. kl udh ada kirim aja ke email saya ya gan.
aiefz
Desember 23, 2011 at 17:29
ngak punya bro
gesang listofan (@gesang86)
November 22, 2011 at 10:28
wach,mantab nice euy….Konstruksinya jembatan dibalik…..hemsss, sayangnya papan kay bawahnya…,bukaanya harus’e Baja Plat??
aiefz
Desember 23, 2011 at 17:32
ia sih,sekarang saja sudah mulai rapuh kayunya
uungferi
Desember 5, 2011 at 19:49
mantabhhh tuhhhh
aiefz
Desember 23, 2011 at 17:38
😀 ….
andryberlianto
Desember 22, 2011 at 09:37
patut disambangi nih hehehe ………….
aiefz
Desember 23, 2011 at 17:41
sipp masbro 😀
vixy182
Desember 25, 2011 at 16:37
keren jembatan nya..bisa kreta api juga
gl 100
Januari 11, 2012 at 21:43
kapan2……………. main kesana………….
ubrium
Januari 17, 2012 at 10:14
perawatannya rutinkah?
jangan sampai ada jembatan runtuh lagi deh…
maungsancang
Februari 2, 2012 at 13:44
Perawatan/perbaikannya cukup rutin dan jembatan ini dijaga siang malam oleh penduduk sekitar untuk membantu kendaraan yang melintas.
Ketika saya masih tinggal di Manonjaya, saya sering melalui jembatan ini sebagai jalan pintas menuju Ciamis.
aru_kun
Februari 10, 2012 at 14:27
wow, KEREN 🙂
touringrider
Maret 24, 2012 at 00:26
lokasinya bagus..
renno2006
Mei 27, 2012 at 08:01
ane tiap hari bolak balik kesana 😀